Punya Teman Yang Toxic Dan Buat Kamu Tidak Nyaman? Ini Cara Mengatasinya

October 28, 2021 by No Comments

Di suatu lingkungan saat kita memiliki beberapa teman yang cukup akrab maupun tidak akrab tentunya kita pasti dihadapi dengan beraneka macam sifat seseorang yang berbeda-beda seperti pada umumnya. Beberapa teman mungkin dengan akrab dapat masuk menjadi teman yang kita ajak bercerita maupun berkumpul atau bahkan ada yang hanya jadi teman biasa saja.

Biasanya tanpa kita sadari, kita pernah bertemu atau bahkan sedang mempunyai teman yang mempunyai sifat toxic. Teman dengan tipe yang toxic ini harus kita atasi agar tidak terikut dengan sifatnya yang dianggap “beracun”.

Lantas bagaimana cara mengatasi teman yang toxic dan membuat kita tidak nyaman? Simak cara-cara berikut.

1. Buat jarak
Sebisa mungkin kamu memberikan suatu batasan untuk membuat dirinya agar tidak terlalu membuat kamu tidak nyaman. Agar dia juga mengetahui bahwa kamu sedang terganggun dengan sifatnya, ada baiknya memberi sedikit jarak dengan tidak terlalu dekat atau menjaga perilaku tahapnya agar tidak memberikan hal negatif terhadap kamu.

2. Jangan memberikan respon
Ketika dia melakukan hal yang membuat kita tidak nyaman, alangkah bagusnya kita tidak perlu memberikan respon senang ataupun emosi. Hal ini memang mungkin sering terjadi ketika kamu memberikan respon dan dia merasa itu bukanlah hal yang menganggumu. Sebisa mungkin kamu mengabaikan cara dan sifatnya ketika sedang bersamanya utnuk menghindari hal yang mungkin akan merugikan kamu.

3. Mencari teman yang lain
Sebenarnya teman yang cukup toxic biasanya tidak bisa memberikan kenyamanan saat kita bersama dengan mereka. Hal lain yang harus kamu lakukan ketika sedang mempunyai teman yang toxic adalah berhenti menemuinya dan bertemu dengan teman yang lain. Dengan begitu, kamu akan menghindari teman toxic itu dengan sendirinya.

4. Katakan tidak
Ketika kamu sedang tidak menyukai ajakan atau hal yang dia katakan, kamu harus berani untuk mengatakan tidak padanya. Mungkin ini merupakan hal yang tersulit mengingat kita akan merasa kasihan atau merasa bersalah karena menjauhi teman toxic ini. Namun, ketika kita sudah terbiasa untuk menjauhi teman yang cukup toxic ini kita sudah akan terbebas dari hal-hal yang negatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published.